Manuka Madu Untuk Batuk Pilek

Batuk Pilek yang tak kunjung sembuh memang terkadang menyiksa dan menjengkelkan. Kamu akan merasa tidak nyaman di mulut, tenggorokan, dada dan hidung. Selain itu, kamu jadi sulit melakukan aktivitas di siang hari dan sulit tidur di malam hari karena batuk dan bersin terjadi setiap saat. Pelan-pelan, kamu juga akan merasa sulit berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarmu. Kalau sudah begini, kamu akan berpikir bahwa minum obat adalah cara terbaiknya. Padahal, faktanya tidak seindah itu.

Obat yang kamu minum memang dapat meredakan batuk berkepanjangan yang kamu rasakan. Namun, residu dari obat tersebut akan memberikan efek samping bagi organ tubuhmu. Nah, supaya tidak ada efek samping, cobalah beralih menggunakan Manuka Madu sebagai makanan alami pereda batuk pilek. Selain bebas efek samping, manfaat manuka madu atau manuka honey sama ampuhnya dengan obat yang sering kamu konsumsi. Buat kamu yang belum memahaminya, yuk cek kenapa manuka madu recommended untuk meredakan batuk berkepanjangan!

Kandungan Dalam Manuka Madu (Manuka Honey)

Manuka madu merupakan jenis madu yang diperoleh dengan metode alami dan dikemas langsung dari alam, tanpa proses pengolahan di pabrik. Proses inilah yang menjaga manfaat dalam manuka madu dalam menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya batuk. Kandungan antibiotik dalam manuka madu membantu membunuh bakteri penyebab batuk dan pilek. Para peneliti menilai kandungan antibiotik yang terdapat dalam manuka madu sama kuatnya dengan antibiotik yang biasa diberikan oleh dokter rumah sakit. Hanya saja, kandungan antiobiotik dalam manuka madu tidak meninggalkan residu dan tidak membuat bakteri resistan terhadap antibiotik jika digunakan terus menerus. 

Tak hanya itu, kandungan vitamin, mineral, dan enzim penting dalam manuka madu dapat mempercepat penyembuhan dan meningkatkan daya imun tubuh sehingga batuk pilek cepat teratasi. Kandungan vitamin, mineral, dan enzim ini juga membantu melindungi organ-organ penting dalam tubuhmu sehingga bisa berfungsi optimal, khususnya dalam mencegah penyakit datang lagi.

Dosis Penggunaan Manuka Madu Untuk Penyembuhan Batuk Pilek

Walaupun beberapa nutrisionis dan praktisi kesehatan tidak menyarankan dosis tertentu dalam penggunaan manuka madu untuk batuk pilek, kamu tetap harus cermat dalam mengonsumsi jenis madu yang satu ini. Untuk menyembuhkan batuk pilek, kamu bisa mengonsumsi 2 sendok teh manuka madu setiap hari: Pagi dan malam hari.

Hanya, jika rasa manuka madu dirasa terlalu tajam untuk lidahmu, kamu bisa mencoba mencampurkannya dengan bahan lain, seperti perasaan lemon, air rebusan jahe, teh hangat, atau air hangat. Sebagai catatan, dikarenakan manuka madu dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan bayi, maka jangan berikan manuka madu pada bayi di bawah 1 tahun. Selamat mencoba!

 

Sumber:

  • www.healthline.com/nutrition/manuka-honey-uses-benefits
  • www.nhs.uk/news/heart-and-lungs/honey-not-antibiotics-recommended-coughs/
  • www.manukadoctor.co.uk/blogs/content/got-a-cough-forget-the-pharmacist-and-reach-for-manuka-honey
  • www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/honey/faq-20058031